5 Mesin Raksasa yang Pernah Dibuat (Bagian I)

Keajaiban teknologi, telah mampu menciptakan mesin-mesin “gigantisme” yang pernah dibuat oleh manusia. Mesin-mesin ini dibuat berdasarkan kebutuhan manusia untuk mengefisienkan pekerjaan dalam suatu bidang tertentu. Misalnya di bidang pertambangan dan teknologi ruang angkasa. Berikut uniknya.com, sajikan 5 mesin raksasa yang pernah dibuat:

1. Platform Launcher Mobile
Platform Launcher Mobile atau MLP adalah satu dari tiga kendaran berat yang dimiliki NASA, untuk mendukung peluncuran roketnya ke angkasa. MLP pada dasarnya merupakan struktur bangunan dua lantai  yang mampu berpindah-pindah, terutama dari Vehicle Assembly Building (VAB) menuju tempat Peluncuran Pad 39-A di Kennedy Space Center. Tiga MLP dari NASA ini, awalnya dibangun untuk Program Apollo untuk meluncurkan roket Saturnus V pada 1960-an dan 1970-an, dan tetap dalam fungsinya sampai hari ini, dengan sedikit perubahan mendasar.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Tutup
Platform Launcher Mobile (sumber:blogspot.com.uniknya.com)




2. Bagger 288
Bentuknya yang mengejutkan: 12.804 ton, 246 meter, 106 tinggi dan 46 lebar. Membutuhkan waktu pembangunan 5 tahun dengan biaya sebesar $ 100 juta. Bagger 288 dibangun untuk tambang batubara di Hambach, Jerman. Mesin ini dapat menggali 76.000 meter kubik batu bara setiap hari, setara dengan lapangan sepak bola sedalam 30 meter. Batubara yang diproduksi dalam satu hari dapat mengisi gerbong kereta batubara sebanyak 2.400 gerbong.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Tutup
Bagger 288 (sumber:blogspot.com.uniknya.com)




3. Big Brutus
Big Brutus adalah julukan dari sekop model listrik Bucyrus-Erie 1850B, yang merupakan kedua terbesar dari jenis ini yang dioperasikan pada 1960-an dan 1970-an. Saat ini Big Brutus menjadi sebuah museum pertambangan di Barat Mineral, Kansas.


Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Tutup
Big Brutus (sumber:blogspot.com.uniknya.com)




4. Terex RH400
Terex RH400 adalah nama sekop hidrolik terbesar di dunia dengan berat 1078 ton. Pisau sekopnya memiliki kapasitas 94 ton dan dapat mengambil sekitar 9900 ton bahan per jam, yang merupakan rekor dunia untuk kendaraan jenis ini. Semua sistem hidroliknya digerakan oleh mesin RH400 yang berkapasitas 3400 galon, dan dapat bekerja dalam kondisi ekstrim.

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Tutup
Terex RH400 (sumber:blogspot.com.uniknya.com)




5. Liebherr T 282B
Liebherr T 282B adalah dum truk berkapasitas tertinggi, yang mampu mengangkat 400 ton (363 t). Meskipun harganya bervariasi, namun berkisar di harga US $ 4 sampai 5 juta. Liebherr dikhususkan operator tambang batubara, tembaga, besi dan emas di Amerika Serikat, Chile, Indonesia, Afrika Selatan dan Australia.(**)

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar atau Video... Tutup
Liebherr T 282B (sumber:blogspot.com.uniknya.com)



0 comments: