5 Binatang Paling Transparan di Dunia

Spesies hewan di bumi beraneka ragamnya, dari mulai yang kaki empat sampai kaki seribu, dari yang berbulu sampai yang bersisik. Tapi tahukah Anda bahwa ada hewan yang memiliki kulit tipis dan atau transparan? Hewan transparan ini sering disebut juga sebagai hewan kaca karena tubuhnya yang bening sehingga organ dalam tubuh mereka terlihat. Hewan transparan dan sebening kaca berikut ini, ditemukan dari berbagai belahan dunia. Satu hal yang menakjubkan, dari 5 hewan yang ada (di luaran mungkin ada lebih banyak lagi), hanya satu yang merupakan buah tangan kemajuan teknologi manusia, dan sisanya eksis di alam dengan sendirinya. Kehidupan selalu menemukan caranya untuk menunjukan besarnya kekuatan Tuhan. Berikut uniknya,com merangkum 5 binatang transparan di dunia:
1. Katak Transparan
Penemuan katak transparan yang mempunyai nama latin Hyperolius leucotaenius membuat ilmuwan terkejut. Karena, sebelumnya diketahui kalau katak jenis ini sudah punah. Setelah melakukan penelitian selama dua tahun sejak tahun 2009, para ilmuwan menemukan lima jenis katak yang semuanya unik. Adanya katak-katak itu sebenarnya telah digambarkan sejak tahun 1950, tetapi mereka seolah menyembunyikan diri dari manusia. Salah satu katak yang menarik perhatian, yaitu, katak transparan. katak ini asli berasal dari Venezuela, katak kaca termasuk dalam keluarga amfibi Centrolenidae (ordo Anura).



Katak Transparan (Sumber: hai-online.com,uniknya.com)




Memiliki warna latar seperti kebanyakan katak kaca terutama berwarna hijau limau, kulit perut dari beberapa anggota keluarga ini transparan, sehingga jantung, hati, dan saluran pencernaan dapat terlihat melalui kulit yang tertembus cahaya. Soal kenapa katak ini berwarna transparan, para imuwan belum bisa memberikan jawaban yang pasti. Tapi, penemuan ini membuktikan jika hewan-hewan unik ternyata masih ada. Hebat, yah!

2. Ikan Kepala Transparan
Ikan ini ditemukan peneliti Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI), di kedalaman laut Pantai California. Ikan ini hidup pada kedalaman 200 kaki (600 meter) di bawah permukaan laut. Ikan barreleye hidup di kedalaman laut terdalam yang sinar matahari tak bisa menembusnya. Sehingga ikan ini melihat dengan menggunakan mata yang ultra sensitif. Keunikan bola mata ikan ini yang seolah dapat berputar horizontal dan vertikal. Pupil mata yang berada di bagian atas ini berfungsi untuk melihat mangsa yang berada di atas ikan tersebut. Sedangkan warna hijau yang terlihat dalam gambar adalah semacam lensa yang melindungi mata dari sinar matahari. Dengan begitu mata tetap fokus pada mangsanya. Bruce Robison dan Kim Reisenbichler dari Monterey Bay Aquarium Research Institute mengamati ikan ini menggunakan sejumlah video dengan



Ikan Kepala Transparan (sumber: wordpress.com.uniknya.com)




Lebih jelas mengenai ikan aneh yang hidup di perairan laut dalam  ini disebut Barreleye (Macropinna microstoma) memiliki sebuah kepala yang transparan dan mata berbentuk tabung. Dia memiliki mata yang sangat sensitif terhadap cahaya yang dapat berotasi dalam pelindung berisi cairan di kepalanya yang transparan, mata tabung ikan,dalam kepala bertutupkan lensa hijau terang. Matanya mengarah ke atas (sebagaimana yang ditunjukkan di sini) ketika ikan itu mencari makanan di atas kepalanya. Mereka mengarah ke depan ketika dia sedang makan. Dua bercak di atas mulut sang ikan bukan mata; itu adalah organ penciuman yang disebut nares, yang diumpamakan dengan lubang hidung manusia.

3. Ikan Zebra Hasil Rekayasa



Ikan Zebra Hasil Rekayasa (Sumber: imageshack.us)




Ikan zebra tembus pandang ini hasil kreasi para ilmuwan di tahun 2008 dengan tujuan agar mereka dapat mempelajari proses penyakit, termasuk penyebaran kanker. Ikan transparan ini memudahkan para peneliti di Children’s Hospital Boston untuk secara langsung melihat organ dalam ikan dan meneliti proses seperti pertumbuhan tumor dalam waktu-riil pada organisme hidup.
4. Ikan ICEFISH Transparan



Ikan ICEFISH Transparan Foto oleh uwe kils (Sumber: imageshack.us)




Ditemukan di kedalaman air es Antartika dan bagian selatan Amerika Selatan, ikan icefish buaya (Channichthyidae) memangsa krill, copepods, dan ikan lain. Darah mereka transparan karena mereka tidak memiliki hemoglobin dan/atau hanya tidak adanya eritrosit (sel darah merah). Metabolisme mereka bergantung satu-satunya kepada oksigen yang dilarutkan dalam darah cair, yang diyakini diserap langsung melalui kulit dari air. Ini bekerja karena air dapat melarutkan zat asam arang pada umumnya pada titik terendahnya. Dalam lima spesies, gen untuk myolobin di dalam otot juga telah lenyap, menjadikan mereka memiliki jantung yang berwarna putih alih-alih pink.
5. Amphipoda Transparan



Amphipoda Transparan (Sumber: imageshack.us)




Dinamakan Phronima, hewan tak biasa ini satu dari sekian banyak spesies aneh yang belakangan ditemukan dalam ekspedisi barisan pegunungan laut dalam di Atlantik Utara. Dalam strategi ironis untuk bertahan hidup, makhluk seperti udang kecil ini, menunjukkan segala sesuatu yang dipunyai, dalam dan luar, sebagai sebuah usaha untuk menghilang. Banyak makhluk-makhluk kecil laut dalam lain yang transparan juga, atau mendekati, untuk menyembunyikan diri mereka lebih baik dalam lingkungan mereka yang gelap, demikian kata ilmuwan. Dalam suatu strategi yang ironik untuk bertahan hidup, makhluk mirip udang ini memperlihatkan semua yang dimilikinya, luar dalam, dengan maksud menyembunyikan sosoknya. Oksigen yang terlarut dalam darah, dipercaya diserap langsung melalui kulit dari air. Hal ini terjadi karena air dapat melarutkan paling banyak oksigen di suhu terdinginnya.(**)

0 comments: